Ukuran Kertas F4 dalam cm dan Pixel, Ukuran Kertas A4, A3, A2, A5, A1, A0, Kertas Folio, Kuarto, Ukuran Foto 4R, 10R, 5R, 2R di Word untuk Usaha Percetakan

Sabtu, 06 Mei 2017

Ukuran Kertas A6 dalam CM, MM, dan INCH + Contoh Templatenya

Ukuran Kertas A6 - Kertas dengan ukuran seri A merupakan kertas yang paling banyak digunakan dalam keperluan printing bagi seluruh masyarakat dunia. Sesuai kegunaannya, kertas seri A memiliki beragam ukuran, mulai dari yang terbesar yakni ukuran A0 sampai dengan yang terkecil yakni A10. Di antara ukuran-ukuran kertas A tersebut, kita mungkin hanya akrab dan familiar dengan jenis kertas A4, mengingat kertas A4 memang yang paling umum digunakan untuk keperluan tugas sekolah, kuliah, atau laporan pekerjaan. Tak heran bila kemudian jenis kertas inilah yang paling laris dijualbelikan. Namun, disamping itu ada jenis kertas A lain yang tak kalah banyak dibutuhkan bagi keperluan percetakan profesional, yaitu kertas A6. Kertas A6 memiliki ukuran yang sangat kecil, kendatipun demikian, ia memiliki fungsi yang cukup banyak. Lantas, memangnya seberapa kecilkah ukuran kertas A6 dalam cm, mm, dan inch dibanding kertas A4? Untuk keperluan apa saja jenis kertas A6 ini digunakan? Agar tahu jawaban dari pertanyaan ini, silakan simak uraian singkat berikut ini!

Ukuran Kertas A6

Ukuran Kertas A6 dalam CM

Anda bisa melihat seberapa besar ukuran kertas A6 dalam cm dan inch dengan memperhatikan gambar ilustrasi di atas. Akan tetapi, supaya lebih lengkap, berikut ini kami telah sajikan ukuran panjang dan lebar kertas tersebut dalam satuan centimeter (cm), milimeter (mm) dan inch (in).

  1. Ukuran kertas A5 dalam cm adalah 10,5 x 14,8 cm.
  2. Ukuran kertas A5 dalam mm adalah 105 x 148 mm.
  3. Ukuran kertas A5 dalam inch adalah 4,13 x 5,83 inch.

Melihat pada data ukuran kertas di atas, kita dapat mengetahui bahwa ternyata kertas ukuran A6 memiliki luas ¼ kali lipat dari kertas A4. Itu artinya bila kertas A4 dibagi 4 sama luas maka kita akan memperoleh 4 lembar kertas ukuran A6. Sementara itu, bila dibandingkan dengan ukuran kertas A5, kertas A6 memiliki luas ½ kali lebih kecil. Kertas A5 yang dibagi 2 sama besar akan menghasilkan 2 lembar kertas A6.

Perbandingan ukuran kertas-kertas seri A memang menggunakan prinsip kelipatan rasio aspek tunggal. Prinsip ini memungkinkan penggunaan kertas menjadi lebih optimal dan memudahkan para pengguna kertas untuk memperoleh ukuran kertas yang diinginkan dalam keadaan kepepet. Secara sederhana, perbandingan kertas ukuran A6 dengan kertas-kertas seri A lainnya dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini!
Ukuran Kertas A6 dalam CM

Penggunaan Kertas Ukuran A6

Meski berukuran kecil, kertas A6 nyatanya memiliki banyak sekali fungsi. Tak heran bila di usaha percetakan profesional, kita akan dengan mudah menemukan kertas dengan ukuran ini. Kertas ukuran A6 biasanya digunakan untuk keperluan percetakan pamflet, selebaran, kartu nama, nota belanja, kwitansi, dan lain sebagainya disesuaikan dengan jenis dan ketebalan kertas.

Cara Mengatur Ukuran Kertas A6 di MS Word

Untuk membuat sebuah lembar kerja atau dokumen di MS Word dengan ukuran kertas A6, kita perlu melakukan beberapa langkah setting manual pada bagian pemilihan Paper Size. Caranya cukup mudah!

Pertama, pada lembar kerja MS Word aktif, silakan menuju bagian tab Page Layout di menu bagian atas. Kemudian pilih Size dan tekan More Paper Size. Setelah itu, akan muncul sebuah jendela baru Page Setup. Anda tinggal menyesuaikan ukuran Height dan Weight pada pilihan yang tersedia di tab Paper dengan ukuran kertas A6 dalam cm, mm, atau inch disesuaikan dengan pengaturan di MS Word Anda.

Nah, demikian sedikit pembahasan yang bisa kami sampaikan tentang ukuran kertas A6 dalam cm, mm, atau inch beserta hal-hal teknis yang terkait dengan pengaturan kertas ukuran tersebut di MS Word. Semoga bisa membantu Anda dalam menyelesaikan pekerjaan dan tugas! Salam!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Terkait : Ukuran Kertas A6 dalam CM, MM, dan INCH + Contoh Templatenya