Ukuran Kertas F4 dalam cm dan Pixel, Ukuran Kertas A4, A3, A2, A5, A1, A0, Kertas Folio, Kuarto, Ukuran Foto 4R, 10R, 5R, 2R di Word untuk Usaha Percetakan

Selasa, 09 Mei 2017

Ukuran Foto 3R dalam CM dan Pixel + Templatenya di Photoshop

Ukuran Foto 3R - Ada banyak orang di antara kita yang tidak tahu bagaimana standar yang berlaku untuk suatu ukuran foto secara internasional. Ketika diharuskan untuk mencetak foto diri untuk keperluan kerja dan sekolah, atau sekedar untuk keperluan koleksi, kadang kali kita harus menanyakannya dulu ke pekerja di percetakan yang kita tuju perihal ukuran yang kita inginkan. Nah, oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang hal ini khususnya tentang ukuran foto 3R baik dalam cm, mm, maupun pixel lengkap dengan cara bagaimana membuat foto dengan ukuran tersebut di aplikasi pengolah gambar Photoshop.

Ukuran Foto 3R dalam CM

Ukuran Foto 3R

Ukuran foto 3 R merupakan ukuran foto yang paling banyak dicetak oleh masyarakat Indonesia saat ini. Pengalaman saya sebagai seorang pekerja percetakan juga membuktikan perihal tersebut. Akan tetapi, selama saya menjadi pekerja percetakan, hampir 90% pelanggan yang hendak mencuci cetak foto, terlebih dahulu akan menanyakan seberapa besar ukuran foto 3R jika diukur dengan satuan cm. Bila mungkin Anda memiliki pertanyaan yang sama dengan para pelanggan saya tadi, langsung saja simak quote berikut.

  1. Ukuran foto 3R dalam cm adalah 8,9 x 12,7 cm.
  2. Ukuran foto 3R dalam mm adalah 89 x 127 mm.
  3. Ukuran foto 3R dalam inch adalah 3,5 x 5,0 inch.

Ukuran Foto 3R dalam Pixel

Dari standar ukuran di atas, dapat kita ketahui bahwa ukuran 3R sebetulnya memang cukup pas bila digunakan sebagai foto koleksi pribadi. Ukuran ini juga tidak terlalu kecil bila digunakan untuk foto diri.

Kendati demikian, untuk menghasilkan foto ukuran 3R dengan kualitas yang baik, setidaknya Anda membutuhkan sebuah kamera dengan resolusi 1051 pixel × 1500 pixel. Resolusi tersebut setara dengan 1.576.500 Pixel atau 1,6 Megapixel. Bila Anda menggunakan kamera dengan resolusi yang lebih rendah dari ukuran tersebut, maka nantinya foto 3R yang berhasil dicetak akan memiliki kualitas yang buruk, misalnya gambar cetakan menjadi pecah-pecah atau warnanya tidak jelas. [Baca Juga : Ukuran Foto 2R dan Ukuran Foto 4R]

Cara Membuat Ukuran 3R di Photoshop

Jika Anda berencana untuk mencetak foto berukuran 3R, saya sarankan terlebih dahulu Anda mengatur ukuran foto yang hendak Anda print menggunakan Photoshop. Hal ini dilakukan supaya nantinya foto yang tercetak memiliki perbandingan ukuran panjang dan lebar yang ideal. Karena dari pengalaman saya, pekerja dipercetakan akan terlalu sibuk untuk melakukan proses editing yang benar-benar sesuai selera Anda.

Bagi Anda yang tidak familiar dengan penggunaan aplikasi photoshop, berikut ini kami telah memberikan panduan cara membuat ukuran 3R di photoshop untuk dapat Anda ikuti.
  1. Pertama, pada aplikasi Photoshop yang aktif, arahkan kursor pada daftar tab menu bagian atas. Pilih File, kemudian pilih New.
  2. Agar lebih cepat, Anda juga bisa menggunakan shortcut dengan menekan CTRL+N di keyboard Anda.
  3. Akan muncul sebuah jendela baru berjudul “New” yang berisi pengaturan ukuran foto (bila dalam MS Word kita mengenalnya dengan istilah Page Setup).
  4. Kemudian, atur isi kolom pada bagian Widht dan Height dengan menyesuaikan satuan yang Anda hendak gunakan. Dalam hal ini agar lebih mudah pilih saja satuan cm.
  5. Isi 8,9 cm untuk Widht dan isi 12,7 cm untuk kolom Height. Tekan OK dan sebuah template foto berukuran 3R siap digunakan.

Download Template 3R

Bagi Anda yang kesulitan untuk mengatur ukuran 3R pada photoshop sekalipun telah mengikuti panduan di atas, jangan khawatir. Kami telah menyediakan sebuah template foto berformat .psd dengan ukuran tersebut di link ini. Silakan diunduh dan digunakan sebagaimana mestinya.

Nah, demikian sedikit penjelasan yang dapat kami sampaikan tentang ukuran foto 3R dalam cm, mm, inch, dan pixel, beserta cara membuat foto ukuran 3R di aplikasi Photoshop. Semoga dapat membantu Anda dalam menghasilkan cetakan foto yang bagus. Salam.

Selain ukuran 3R, ketahui pula ukuran foto seri R lainnya secara lengkap dalam satuan cm, mm, inch, dan pixel dan tips seputar pencetakan foto di link ini : http://ukurankertasfoto.blogspot.com/2017/05/ukuran-foto-dalam-cm-pixel-cetak-photoshop.html.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Terkait : Ukuran Foto 3R dalam CM dan Pixel + Templatenya di Photoshop