Ukuran Kertas F4 dalam cm dan Pixel, Ukuran Kertas A4, A3, A2, A5, A1, A0, Kertas Folio, Kuarto, Ukuran Foto 4R, 10R, 5R, 2R di Word untuk Usaha Percetakan

Minggu, 07 Mei 2017

Ukuran Kertas Legal dalam CM, MM, dan INCH + Contoh Templatenya

Ukuran Kertas Legal - Tak sedikit orang yang menganggap bahwa kertas legal dan kertas F4 adalah dua buah kertas dengan ukuran yang sama. Padahal, anggapan ini sebetulnya tidak benar. Meskipun sama-sama digunakan untuk keperluan surat menyurat, ATK, dan printing dokumen, kedua jenis kertas tersebut nyatanya memiliki ukuran yang berbeda satu sama lain. Lantas, berapakah ukuran kertas legal dalam cm, mm, dan inch? Berapakah selisih perbedaan ukuran antara kertas legal dan F4? Dan bagaimana cara mengatur page size di MS Word agar memliki ukuran legal? Untuk tahu jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini, silakan simak pembahasan berikut!

Ukuran Kertas Legal

Ukuran Kertas Legal

Sama seperti kertas kuarto, kertas legal juga termasuk jenis kertas yang sering digunakan secara resmi dalam keperluan surat menyurat di Kerajaan Inggris dan negara-negara persemakmurannya, seperti Amerika, Canada, Mexico, India, Afrika Selatan dan lain sebagainya. Di Indonesia sendiri, kertas dengan ukuran ini bisa dibilang sangat jarang dipakai, kendati demikian di beberapa Universitas Negeri, ada pula yang menggunakan kertas ukuran legal sebagai kertas resmi cetakan tugas akhir atau skripsi para mahasiswanya.

Anda bisa melihat ilustrasi ukuran kertas ini pada gambar ilustrasi yang kami sajikan di atas. Akan tetapi, supaya lebih mudah, kami juga telah menuliskan rincian ukuran kertas legal dalam cm, mm, dan inch sebagaimana berikut:

  1. Ukuran kertas legal dalam cm adalah 21,6 x 35,6 cm.
  2. Ukuran kertas legal dalam mm adalah 216 x 356  mm.
  3. Ukuran kertas legal dalam inch adalah 8,5 x 14,0 inch.

Perbedaan Ukuran Kertas Legal, Letter, dan Folio (F4)

Secara umum, ukuran kertas legal sebetulnya memang hampir mirip dengan ukuran kertas letter, kuarto, dan kertas F4 atau Folio. Kemiripan dari kertas-kertas tersebut terletak pada lebarnya yang sama yakni 216 cm atau 216 mm atau 8,5 inch. Sementara itu, perbedaan mereka terletak pada panjang kertasnya, dimulai dari yang terpendek yakni kertas kuarto (27,5 cm), kertas letter (27,9 cm), kertas folio (33,0 cm), dan kertas legal (35,6 cm). Dari urutan ini kita ketahui bahwa ternyata kertas legal adalah kertas terpanjang dalam daftar kertas ukuran umum (Loose Size). Anda bisa melihat perbandingan keempat kertas tersebut pada gambar ilustrasi yang telah kami buat berikut ini.

Perbedaan Ukuran Kertas Legal, Letter, dan Folio

Membuat Ukuran Kertas Legal di MS Word

Untuk membuat satu dokumen di Microsoft Word dengan ukuran kertas legal, kita tidak perlu melakukan setting manual pada pilihan menu Page Layout yang ada. Hal ini disebabkan karena opsi kertas legal sudah tersedia pada aplikasi MS Word standar seperti halnya ukuran kertas A4, A5, Letter, atau B5. Oleh karena itu, langkah-langkah pengaturannya menjadi cukup mudah sebagaimana berikut.
  1. Pada dokumen Word aktif, pilih tab Page Layout yang tersedia pada menu bar di bagian atas.
  2. Dalam daftar ikon yang muncul, plih Size lalu More Paper Size hingga muncul sebuah jendela baru dengan judul Page Setup.
  3. Pada menu dropdown yang tampil di Page Setup, pilih kertas legal. 
  4. Selesai, dokumen dengan kertas ukuran legal pun siap digunakan.
  5. Cara ini dapat diterapkan pada semua versi Microsoft Word mulai dari yang 2003, 2007, 2010, maupun yang 2014. Tinggal sesuaikan saja pilihannya.

Nah, demikianlah penjelasan tentang ukuran kertas legal dalam cm, mm, dan inch beserta tata cara untuk membuat sebuah dokumen dengan kertas ukuran legal di Microsoft Word. Sekarang, Anda jadi tahu seperti apa perbedaan antara kertas kuarto, kertas letter, kertas folio, dan kertas legal. Dengan begitu, kami harap Anda tidak bingung lagi dalam mengenali jenis jenis ukuran kertas yang ada. Semoga bermanfaat!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Terkait : Ukuran Kertas Legal dalam CM, MM, dan INCH + Contoh Templatenya