Ukuran Kertas F4 dalam cm dan Pixel, Ukuran Kertas A4, A3, A2, A5, A1, A0, Kertas Folio, Kuarto, Ukuran Foto 4R, 10R, 5R, 2R di Word untuk Usaha Percetakan

Kamis, 11 Mei 2017

Ukuran Foto 10R dalam CM dan Pixel + Templatenya di Photoshop

Ukuran Foto 10R - Menjadikan foto sebagai pajangan dan hiasan dinding ruang tamu adalah hal yang lazim dilakukan masyarakat Indonesia. Sebuah foto memang dapat memberikan banyak informasi yang ingin ditunjukan oleh seorang pemilik rumah kepada tamu yang datang. Misalnya, dengan memajang foto wisuda, ia ingin diketahui strata pendidikannya, atau memajang foto wisata, karena ingin menunjukan pengalaman travelingnya, dan lain sebagainya. Adapun di antara banyak pilihan ukuran foto pajangan, ukuran 10R menjadi yang paling sering dipilih. Ukuran foto 10R dianggap tidak terlalu besar, tapi juga tidak terlalu kecil untuk dijadikan pajangan dinding. Lantas, berapakah ukuran foto 10R itu dalam cm, mm, inch, atau pixel? Bagaimana cara membuat sebuah foto cetak berukuran 10R dengan kualitas yang baik dengan menggunakan pengeditan via Photoshop? Berikut simak jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut!

Ukuran Foto 10R

Ukuran Foto 10R

Dalam cm, ukuran foto 10R adalah sekitar 25,4 x 30,5 cm. Ukuran foto ini kurang lebih sebesar satu lembar kertas quarto. Anda bisa melihat ilustrasi gambar di atas untuk memperkirakan seberapa besar ukuran tersebut, namun supaya lebih jelas, berikut ini kami juga telah tuliskan ukuran foto 10R dalam satuan-satuan yang lain.

  1. Ukuran foto 10R dalam cm adalah 25,4 x 30,5 cm.
  2. Ukuran foto 10R dalam mm adalah 254 x 305 mm.
  3. Ukuran foto 10R dalam inch adalah 10,0 x 12,0 inch.

Ukuran Foto 10R dalam Pixel

Untuk membuat sebuah foto berukuran 10R, kita sebaiknya menggunakan gambar digital yang memiliki resolusi 3000 pixel x 3600 pixel. Dengan gambar beresolusi sebesar ini, maka foto yang nantinya tercetak pada akan memiliki kualitas yang baik. Setidaknya, gambar pada foto tersebut tidak akan pecah-pecah dan kontras warnanya menjadi lebih seimbang.

Untuk menghasilkan sebuah gambar dengan resolusi 3000 pixel x 3600 pixel dibutuhkan sebuah kamera digital dengan resolusi yang sama, yaitu 10.800.000 pixel atau setara 10,8 MP. Kamera dengan resolusi tersebut misalnya dimiliki oleh beberapa kamera digital keluaran Nikon, Samsung, atau Canon. Anda juga bisa menggunakan smartphone berkamera, asalkan kamera pada smartphone tersebut juga memiliki resolusi yang tinggi.

Saya pernah beberapa kali melakukan pencetakan sebuah foto beresolusi rendah yang dihasilkan kamera hp china ke ukuran foto 10R. Hasilnya sangat mengecewakan. Gambarnya tidak jelas dan hanya membuang-buang kertas foto saja. Oleh karena itu, sebelum Anda juga kecewa, lebih baik pastikan kesesuaian ukuran cetak foto Anda dengan resolusi gambar yang dimiliki. [Baca Juga : Ukuran Foto 8R dan Ukuran Foto 12R]

Cara Membuat Ukuran Foto 10R di Photoshop

Selain memperhatikan kesesuaian resolusi foto dengan ukuran foto yang akan dicetak, hal lain yang perlu Anda lakukan ketika hendak mencetak foto digital adalah mengatur ukuran foto Anda agar sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan. Jangan langsung memberikan data foto digital Anda ke operator percetakan karena biasanya mereka tidak melakukan proses editing secara serius, sehingga menjadikan foto yang dicetak memiliki rasio (perbandingan) tinggi dan lebar yang tidak sesuai dengan aslinya. Lakukanlah pengeditan sederhana dengan aplikasi photoshop, terutama dalam ukuran panjang dan lebar foto digital yang Anda miliki.

Nah, khusus untuk membuat ukuran foto 14R di photoshop, saya telah membuatkan panduan untuk Anda yang mungkin masih awam dalam hal pengeditan gambar. Berikut ini cara-caranya untuk dapat Anda ikuti.
  1. Langkah pertama, bukalah aplikasi photoshop yang terinstal di komputer Anda.
  2. Buat lembar kerja baru dengan klik File – New (terletak di bilah menu kanan atas). Anda juga bisa menggunakan shortcut dengan menekan CTRL + N.
  3. Akan muncul jendela baru yang memuat pengaturan ukuran lembar kerja yang akan dibuat.
  4. Ubah satuan yang terdapat pada Widht dan Height ke dalam cm, inch, atau pixel.
  5. Bila menggunakan cm, maka masukan nila 25,4 pada kolom width dan 30,5 pada kolom height.
  6. Tekan OK dan lembar kerja baru berukuran 10R siap digunakan. Anda tinggal mendrop gambar ke dalam area tersebut dan menyesuaikan ukurannya.

Template Ukuran 10R

Supaya lebih simpel, saya juga telah membuatkan sebuah template foto berukuran 10R untuk dapat Anda gunakan langsung. Anda bisa mengunduhnya secara gratis di link ini. Silakan dibuka dan drop foto yang hendak Anda print dan sesuaikan perbandingan tinggi dan lebarnya.

Nah, demikianlah sekilas penjelasan yang dapat kami sampaikan tentang ukuran foto 10R dalam cm, mm, inch, dan pixel beserta panduan cara membuatnya di aplikasi editing foto, Photoshop. Semoga dapat bermanfaat dan membuat hasil cetakan foto Anda benar-benar berkualitas. Salam.

Selain ukuran 10R, ketahui pula ukuran foto seri R lainnya secara lengkap dalam satuan cm, mm, inch, dan pixel dan tips seputar pencetakan foto di link ini : Ukuran Foto.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Terkait : Ukuran Foto 10R dalam CM dan Pixel + Templatenya di Photoshop