Ukuran Kertas F4 dalam cm dan Pixel, Ukuran Kertas A4, A3, A2, A5, A1, A0, Kertas Folio, Kuarto, Ukuran Foto 4R, 10R, 5R, 2R di Word untuk Usaha Percetakan

Kamis, 11 Mei 2017

Ukuran Foto 8R dalam CM dan Pixel + Templatenya di Photoshop

Ukuran Foto 8R - Pada umumnya, sebuah foto yang digunakan untuk pajangan dinding memiliki ukuran 8R. Ukuran foto ini memang tidak terlalu kecil, tapi tidak juga terlalu besar, sehingga sangat pas untuk dijadikan sebagai pajangan pada ruang tamu, utamanya pada rumah yang berkonsep minimalis. Lantas, berapakah ukuran foto 8R jika dikonversikan dalam satuan cm, mm, dan inch? Bagaimana caranya mengatur format ukuran 8R pada sebuah foto di aplikasi Photoshop? Berapa resolusi minimal yang harus dimiliki sebuah foto agar ketika dicetak pada ukuran 8R kualitasnya bagus dan tidak pecah-pecah. Berikut di artikel kali ini kita akan membahas ketiga pertanyaan tersebut secara lengkap!

Ukuran Foto 8R

Ukuran Foto 8R

Ukuran foto memang ada banyak ragamnya, di antara ukuran-ukuran tersebut, mungkin kita hanya kenal dengan ukuran 2x3, 3x4, atau 4x6 karena ketiga ukuran ini memang lebih sering digunakan serta langsung memuat keterangan panjang dan lebarnya. Sementara untuk ukuran foto standar internasional yang diserikan dengan huruf R, kita pasti bingung dan bertanya-tanya seberapa besar ukuran panjang dan lebarnya bila dikonversikan dalam bentuk cm. Nah, khusus untuk ukuran foto 8R, berikut kami telah sajikan datanya untuk Anda.

  1. Ukuran foto 8R dalam cm adalah 20,3 x 25,4 cm.
  2. Ukuran foto 8R dalam mm adalah 203 x 254 mm.
  3. Ukuran foto 8R dalam inch adalah 8,0 x 10,0 inch.

Ukuran Foto 8R dalam Pixel

Dari data di atas kita ketahui bahwa ukuran foto 8R dalam cm adalah 20,3 x 25,4 cm dan bila dikonversikan ke satuan inch menjadi 8,0 x 10,0 inch. Ukuran foto ini bisa dikatakan cukup besar, oleh karena itu tentu kita hendak mencetak foto dengan ukuran 8R, maka kita perlu memastikan data foto digital yang kita miliki memiliki resolusi yang cukup besar.

Resolusi gambar yang hendak dicetak menjadi foto ukuran 8R minimal berukuran 2398 pixel × 3000 pixel atau sebesar 7.194.000 pixel. Resolusi gambar sebesar ini dapat dihasilkan dengan kamera 7,2 MP. Bila kita memotret dengan kamera yang resolusinya lebih kecil dari 7,2 MP, kemudian kita mencetaknya pada ukuran 8R, maka dapat dipastikan bahwa gambar foto hasil cetakan akan pecah-pecah dan buruk kualitasnya. Pengalaman saya beberapa kali membuktikan hal ini. Jadi, dari pada Anda membuang kertas dan tinta printer, lebih baik pastikan terlebih dahulu resolusi dari data foto digital yang hendak diprint ke dalam ukuran 8R. [Baca Juga : Ukuran Foto 6R dan Ukuran Foto 10R]

Membuat Ukuran 8R di Photoshop

Bila hendak mencetak foto ke percetakan alias tidak mencetaknya sendiri, saya sarankan terlebih dahulu Anda melakukan pengeditan ukuran foto digital Anda agar sesuai dengan ukuran cetakan yang Anda kehendaki. Alasannya, biasanya seorang operator percetakan tidak melakukan editing dengan baik pada foto digital yang Anda berikan. Kadangkali, perbandingan gambarnya menjadi tidak seimbang.

Adapun untuk melakukan pengeditan ukuran foto sebelum cetak, saya biasanya menggunakan aplikasi photoshop. Khusus untuk ukuran 8R berikut ini kami sajikan panduannya untuk Anda yang masih awam dengan aplikasi olah foto ini.
  1. Langkah pertama, bukalah aplikasi photoshop yang terinstal di komputer Anda.
  2. Buat lembar kerja baru dengan klik File New (terletak di bilah menu kanan atas). Anda juga bisa menggunakan shortcut dengan menekan CTRL + N.
  3. Akan muncul jendela baru yang memuat pengaturan ukuran lembar kerja yang akan dibuat.
  4. Ubah satuan yang terdapat pada Widht dan Height ke dalam cm, inch, atau pixel.
  5. Bila menggunakan cm, maka masukan nila 20,3 pada kolom width dan 25,4 pada kolom height.
  6. Tekan OK dan lembar kerja baru berukuran 8R siap digunakan. Anda tinggal mendrop gambar ke dalam area tersebut dan menyesuaikan ukurannya.

Template Ukuran 8R

Supaya lebih simpel, saya juga telah membuatkan sebuah template foto berukuran 8R untuk dapat Anda gunakan langsung. Anda bisa mengunduhnya secara gratis di link ini. silakan dibuka dan drop foto yang hendak Anda print dan sesuaikan perbandingan tinggi dan lebarnya.

Nah, demikianlah sekilas penjelasan yang dapat kami sampaikan tentang ukuran foto 8R dalam cm, mm, inch, dan pixel beserta panduan cara membuatnya di aplikasi editing foto, Photoshop. Semoga dapat bermanfaat dan membuat hasil cetakan foto Anda benar-benar berkualitas. Salam.

Selain ukuran 8R, ketahui pula ukuran foto seri R lainnya secara lengkap dalam satuan cm, mm, inch, dan pixel dan tips seputar pencetakan foto di link ini : Ukuran Cetak Foto.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Terkait : Ukuran Foto 8R dalam CM dan Pixel + Templatenya di Photoshop