Ukuran Kertas F4 dalam cm dan Pixel, Ukuran Kertas A4, A3, A2, A5, A1, A0, Kertas Folio, Kuarto, Ukuran Foto 4R, 10R, 5R, 2R di Word untuk Usaha Percetakan

Kamis, 11 Mei 2017

Ukuran Foto 12R dalam CM dan Pixel + Templatenya di Photoshop

Ukuran Foto 12R - Hiasan dinding bisa beragam jenisnya, dan yang paling populer adalah pajangan berupa foto momen-momen berharga yang Anda miliki dalam hidup Anda, misalnya foto wisuda, foto liburan, dan lain sebagainya. Adapun dalam memilih ukuran foto pajangan untuk sebuah dinding, kami sarankan Anda untuk memilih ukuran 12R. Ukuran ini adalah ukuran terbaik jika digunakan sebagai ukuran foto yang disimpan dalam bingkai. Lantas berapakah ukuran foto 12R itu? Bagaimana caranya untuk membuat foto ukuran 12R dengan kualitas yang baik? Nah, berikut kami akan membahas jawaban dari kedua pertanyaan ini untuk Anda.

Ukuran Foto 12R

Ukuran Foto 12R

Ukuran foto 12R adalah 30,5 x 38,1 cm. Ukuran ini merupakan ukuran yang diakui secara internasional sesuai dengan standar ISO 241. Selain dalam satuan cm, ukuran foto 12R juga dapat dikonversikan dalam satuan lain seperti mm atau inch sebagaimana berikut.

  1. Ukuran foto 12R dalam cm adalah 30,5 x 38,1 cm.
  2. Ukuran foto 12R dalam mm adalah 305 x 381 mm.
  3. Ukuran foto 12R dalam inch adalah 12,0 x 15,5 inch.

Ukuran Foto 12R dalam Pixel

Untuk membuat foto ukuran 12R dengan kualitas yang baik, kami sarankan Anda untuk membuat data foto digital dengan resolusi yang cukup tinggi. Hal ini agar gambar yang dicetak nantinya tidak pecah-pecah dan warnanya memiliki kontras yang jelas. Adapun secara internasional, untuk mencetak foto ukuran 12R, maka foto digital yang Anda miliki minimal haruslah memiliki resolusi 3600 × 4500 pixel. Foto digital dengan resolusi ini dapat diperoleh dengan jepretan kamera beresolusi 16.200.000 pixel atau setara 16 MP.

Saya beberapa kali pernah mencoba mencetak sebuah gambar dengan resolusi rendah ke dalam ukuran 12R. Hasilnya memang sangat memperihatinkan. Oleh karena itu, saya sarankan Anda agar jangan mengabaikan ketentuan ini agar tidak menyesal nantinya. [Baca Juga : Ukuran Foto 14R dan Ukuran Foto 10R]

Cara Membuat Ukuran 12R di Photoshop

Meskipun Anda sudah memiliki foto yang akan dicetak dengan resolusi standarnya, namun sebaiknya Anda tidak menyerahkan langsung data foto Anda untuk dicetak ke operator percetakan. Alasannya adalah karena biasanya operator percetakan tidak akan mengerjakan secara serius proses editing foto Anda sehingga gambar yang dicetak nantinya tidak memiliki perbandingan yang baik, misalnya jadi terlalu tinggi atau terlalu lebar. Untuk itu, diperlukan proses editing terlebih dahulu agar foto yang dicetak, baik itu perbandingan gambar, warna, maupun kontrasnya sesuai dengan yang Anda inginkan. Nah, khusus untuk perbandingan gambar berikut ini kami telah sajikan tutorial bagaimana cara membuat ukuran 12R di Photoshop.
  1. Langkah pertama, buka aplikasi photoshop yang ada di komputer Anda.
  2. Jika sudah terbuka, buatlah sebuah lembar kerja baru dengan memilih File, kemudian New. Bila ingin cepat, gunakan short cut dengan menekan CTRL + N.
  3. Pada jendela yang baru terbuka, aturlah pilihan Width dan Height agar sesuai dengan ukuran foto 12R. Jika menggunakan satuan cm, masukan angka 30,5 pada kolom Width dan angka 38,1 pada kolom Height.
  4. Tekan OK dan sebuah lembar berukuran 12R siap digunakan. Anda tinggal men-drag foto yang hendak dicetak ke dalam lembar kerja tersebut.

Template Ukuran 12R

Bila Anda kesulitan untuk melakukan langkah-langkah pengaturan ukuran foto 12R yang kami sajikan di atas, janganlah berkecil hati. Berikut ini kami telah buatkan template foto ukuran tersebut dan bisa Anda unduh untuk mempermudah pekerjaan Anda. template tersebut bisa diunduh di link ini.

Nah, itulah sedikit penjelasan yang dapat kami sampaikan tentang ukuran foto 12R dalam cm, mm, inch, dan pixel lengkap dengan tips dan trik photoshop untuk membuat foto cetakan berukuran 12R dengan kualitas yang baik. Jika bermanfaat dan membantu, silakan Anda share artikel ini melalui sosial media di bawah. Salam.

Selain ukuran 12R, ketahui pula ukuran foto seri R lainnya secara lengkap dalam satuan cm, mm, inch, dan pixel dan tips seputar pencetakan foto di link ini : Ukuran Foto.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Terkait : Ukuran Foto 12R dalam CM dan Pixel + Templatenya di Photoshop