Ukuran Kertas F4 dalam cm dan Pixel, Ukuran Kertas A4, A3, A2, A5, A1, A0, Kertas Folio, Kuarto, Ukuran Foto 4R, 10R, 5R, 2R di Word untuk Usaha Percetakan

Senin, 08 Mei 2017

Ukuran Kertas Asturo, Kegunaan, Ciri, Tekstur, dan Harganya

Ukuran Kertas Asturo - Dalam kehidupan masyarakat modern, kertas digunakan sebagai alat untuk menunjang berbagai kegiatan dan aktivitas peradaban. Selain untuk keperluan surat menyurat, alat tulis, dan pembungkus, dewasa ini kertas juga digunakan sebagai bahan untuk mendekorasi ruangan dengan pembuatan hiasan-hiasan berwarna. Salah satu jenis kertas yang digunakan untuk keperluan tersebut misalnya adalah kertas asturo. Apakah kertas asturo itu? Berapakah ukuran kertas asturo dan untuk keperluan apa saja ia digunakan? Berapa harga kertas ini dan dimana kita bisa membelinya? Berikut di artikel ini kita akan menjawab semua pertanyaan-pertanyaan tersebut!

Ukuran Kertas Asturo

Ukuran Kertas Asturo

Kertas asturo adalah sebuah kertas tebal yang memiliki 2 sisi warna yang berbeda. Satu sisi berwarna putih, dan sisi lainnya bisa memiliki warna yang beragam. Kertas asturo biasanya digunakan untuk keperluan penjilidan (hard cover), keperluan media pembelajaran, sebagai bahan untuk membuat kerajinan tangan, dan lain sebagainya.  Bila digunakan untuk keperluan penjilidan, kertas asturo biasanya dilengkapi dengan lapisan poly yang membuatnya tidak menyerap air.

Kertas asturo di beberapa daerah juga dinamai dengan sebutan kertas omega. Kertas ini memiliki ukuran panjang dan lebar yang seragam, yakni 40 x 60 cm. Pada gambar di atas Anda bisa melihat ilustrasi ukuran kertas asturo tersebut, namun supaya lebih jelas kami juga menuliskan ukuran lengkapnya mulai dari satuan centimeter (cm), milimeter (mm), dan inch (in).

  1. Ukuran kertas asturo dalam cm adalah 40,0 x 60,0 cm.
  2. Ukuran kertas asturo dalam mm adalah 400 x 600 mm.
  3. Ukuran kertas asturo dalam inch adalah 15,7 x 23,6 inch.

Melihat rincian kertas asturo di atas, kita dapat ketahui bahwa sebetulnya kertas ini memiliki ukuran 2 kali lipat dari ukuran kertas A3. Wajar jika banyak orang yang menyebut kertas ini dengan sebutan double A3.

Penggunaan Kertas Asturo

Meski kurang familiar bagi orang yang awam dalam dunia percetakan, nyatanya tak sedikit yang mencari jenis kertas ini untuk berbagai kepentingannya. Kertas asturo sendiri umumnya memang digunakan sebagai kertas jilid. Akan tetapi, pada perkembangannya kertas ini juga menjadi alternatif pengganti kertas origami ketika seseorang hendak membuat hiasan kerajinan dari kertas. Warnanya yang cerah dan menarik menjadikan kertas ini memiliki daya tarik tersendiri.

Ukuran Kertas Asturo

Harga Kertas Asturo dan Cara Mendapatkanya

Saat ini, kertas asturo cukup mudah didapatkan di toko alat tulis kantor atau usaha fotokopi karena banyak orang yang mulai tertarik menggunakannya sebagai bahan pembuatan origami. Harga kertas ini sendiri terbilang cukup murah. Bila membelinya per pack isi 50 lembar, Anda harus mengeluarkan Rp. 60.000 dari saku Anda. sementara bila membeli satuan, Anda cukup mengeluarkan Rp. 1.500 per lembar.

Membuat Kerajinan dari Kertas Asturo

Kertas asturo dapat digunakan sebagai bahan baku kerajinan tangan sederhana. Ia bisa dibuat menjadi kerajinan berbentuk bunga mawar, origami, hiasan dinding, anyaman, dan masih banyak lagi. Sifatnya yang tebal dan tahan lama menjadikan kertas asturo banyak diminati sebagai bahan kerajinan tangan. Anda mungkin bisa terinspirasi dengan melihat beberapa koleksi kerajinan dari kertas asturo di link ini atau link ini.

Nah, itulah sedikit pembahasan tentang apakah itu kertas asturo, penggunaan, dan harganya. Ukuran kertas asturo memang cukup lebar. Anda tak akan rugi mengeluarkan picisan Anda untuk membeli kertas ini agar bisa berkreasi menciptakan kerajinan yang menarik untuk menghiasi kamar Anda. semoga bermanfaat dan dapat mencerahkan. Salam!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Terkait : Ukuran Kertas Asturo, Kegunaan, Ciri, Tekstur, dan Harganya