Ukuran Kertas F4 dalam cm dan Pixel, Ukuran Kertas A4, A3, A2, A5, A1, A0, Kertas Folio, Kuarto, Ukuran Foto 4R, 10R, 5R, 2R di Word untuk Usaha Percetakan

Selasa, 09 Mei 2017

Ukuran Foto 2R dalam CM dan Pixel + Templatenya di Photoshop

Ukuran Foto 2R - Sama seperti ukuran kertas dan amplop, ukuran foto juga berpatokan pada suatu standar yang berlaku secara internasional. Bila ukuran kertas distandarkan dengan seri A atau B, dan ukuran amplop distandarkan dengan seri ukuran C, maka ukuran untuk foto umumnya distandarkan dengan seri R. Ukuran R sendiri ada banyak jenisnya dengan yang terkecil adalah ukuran 2R dan yang terbesar adalah 24R. Nah, di artikel berikut ini kita akan membahas tentang ukuran foto terkecil dalam standar ukuran R, yaitu 2R lengkap dengan panduan cara membuatnya di aplikasi olah foto, Photoshop.

Ukuran Foto 2R dalam CM

Ukuran Foto 2R

Secara ringkas, kami telah memberikan gambar ilustrasi ukuran foto 2R pada gambar di atas. Akan tetapi, supaya lebih jelas berikut ini kami juga sajikan ukuran 2R tersebut dalam satuan yang lengkap mulai dari cm, mm, dan inch.

  1. Ukuran foto 2R dalam cm adalah 6,0 x 9,0 cm.
  2. Ukuran foto 2R dalam mm adalah 60 x 90 mm.
  3. Ukuran foto 2R dalam inch adalah 2,0 x 3,5 inch.

Ukuran Foto 2R dalam Pixel

Untuk memperoleh hasil cetakan sebuah foto berukuran 2R dengan kualitas maksimal, maka kita memerlukan suatu data foto digital dengan resolusi yang sesuai dengan ukuran foto yang dicetak nantinya. Karena, bila resolusi foto yang akan dicetak lebih kecil dibandingkan standar ukuran fotonya maka gambar pada foto akan pecah-pecah dan tidak jelas secara visual.

Adapun untuk ukuran foto 2R, kita diharuskan untuk menggunakan kamera beresolusi minimal 1 Megapixel atau 1 MP. Kamera dengan resolusi sebesar ini dimiliki oleh handphone-handphone jadul seperti merk Nokia, Siemens, dan handphone-handphone produksi China. Bila kamera Anda memiliki resolusi lebih besar dari batas minimal tersebut, tentunya tidak masalah. Malah cetakan foto berukuran 2R dari hasil jepretan kamera Anda justu akan menjadi lebih baik kualitasnya. [Baca Juga : Ukuran Foto 14R dan Ukuran Foto 3R]

Cara Membuat Ukuran 2R di Photoshop

Untuk mencetak sebuah foto dengan ukuran 2R, maka kita terlebih dahulu harus mengedit foto tersebut supaya memiliki ukuran yang pas saat dicetak. Pengeditan dilakukan dengan membuat dokumen atau lembar kerja baru pada aplikasi photoshop yang berukuran 6,0 x 9,0 cm, sama seperti standar ukuran foto 2R.

Nah, bagi Anda yang masih belum bisa mengatur ukuran 2R pada photoshop, berikut ini kami telah sajikan panduannya untuk dapat Anda ikuti.
  1. Pertama, pada aplikasi Photoshop yang aktif, arahkan kursor pada daftar tab menu bagian atas. Pilih File, kemudian pilih New.
  2. Agar lebih cepat, Anda juga bisa menggunakan shortcut dengan menekan CTRL+N di keyboard Anda.
  3. Akan muncul sebuah jendela baru berjudul “New” yang berisi pengaturan ukuran foto (bila dalam MS Word kita mengenalnya dengan istilah Page Setup).
  4. Kemudian, atur isi kolom pada bagian Widht dan Height dengan menyesuaikan satuan yang Anda hendak gunakan. Dalam hal ini agar lebih mudah pilih saja satuan cm.
  5. Isi 6,0 cm untuk Widht dan isi 9,0 untuk kolom Height. Tekan OK dan sebuah template foto berukuran 2R siap digunakan.

Download Template 2R

Bagi Anda yang kesulitan untuk mengatur ukuran 2R pada photoshop sekalipun telah mengikuti panduan di atas, jangan khawatir. Kami telah menyediakan sebuah template foto berformat .psd dengan ukuran tersebut di link ini. Silakan diunduh dan digunakan sebagaimana mestinya.

Nah, demikian sedikit penjelasan yang dapat kami sampaikan tentang ukuran foto 2R dalam cm, mm, inch, dan pixel, beserta cara membuat foto ukuran 2R di aplikasi Photoshop. Semoga dapat membantu Anda dalam menghasilkan cetakan foto yang bagus. Salam.

Selain ukuran 2R, ketahui pula ukuran foto seri R lainnya secara lengkap dalam satuan cm, mm, inch, dan pixel dan tips seputar pencetakan foto di link ini : http://ukurankertasfoto.blogspot.com/2017/05/ukuran-foto-dalam-cm-pixel-cetak-photoshop.html.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Terkait : Ukuran Foto 2R dalam CM dan Pixel + Templatenya di Photoshop