Ukuran Kertas F4 dalam cm dan Pixel, Ukuran Kertas A4, A3, A2, A5, A1, A0, Kertas Folio, Kuarto, Ukuran Foto 4R, 10R, 5R, 2R di Word untuk Usaha Percetakan

Rabu, 10 Mei 2017

Ukuran Foto 4R dalam CM dan Pixel + Templatenya di Photoshop

Ukuran Foto 4R - Ada banyak pilihan ukuran foto yang bisa kita pilih saat mencetak hasil jepretan kamera kita. Tentunya, ukuran foto yang kita pilih haruslah disesuaikan dengan untuk tujuan apa foto tersebut dicetak. Bila digunakan sebagai koleksi pribadi dan hanya akan disimpan dalam sebuah album foto, ada baiknya Anda mencetak foto dengan ukuran 4R saja. Ukuran foto 4R tidak terlalu besar tapi juga tidak terlalu kecil, sehingga sangat cocok bila disimpan dalam album kenangan. Nah, lantas berapakah ukuran foto 4R dalam cm? Seperti apa cara membuat foto ukuran ini dengan aplikasi Photoshop? Berikut simak jawabannya pada artikel kali ini!

Ukuran Foto 4R

Ukuran Foto 4R

Ukuran foto 4R memang adalah ukuran yang standar untuk sebuah foto yang akan disimpan sebagai koleksi di album foto. Anda bisa melihat seberapa besar ukuran tersebut pada ilustrasi gambar di atas. Namun, supaya lebih jelas berikut ini kami juga telah tuliskan standar ukuran foto 4R dalam cm, mm, dan inch.

  1. Ukuran foto 4R dalam cm adalah 10,2 x 15,2 cm.
  2. Ukuran foto 4R dalam mm adalah 102 x 152 mm.
  3. Ukuran foto 4R dalam inch adalah 4,0 x 6,0 inch.

Ukuran Foto 4R dalam cm

Untuk menghasilkan cetakan foto ukuran 4R dengan kualitas yang baik, maka Anda dianjurkan untuk mengambil gambar menggunakan kamera dengan resolusi minimal 1205 pixel × 1795 pixel atau setara 2.162.975 pixel atau setara 2,1 MP. Kamera dengan resolusi 2,1 Mega Pixel akan memberikan data foto digital dengan ketajaman yang lebih baik sehingga ketika nantinya foto tersebut dicetak pada ukuran 4R, gambar pada foto tidak akan pecah dan warnanya akan lebih cerah. Anda juga bisa menggunakan kamera dengan resolusi lebih dari 2,1 MP saat akan mencetak foto ukuran 4R. Hasilnya justru akan lebih baik dan lebih jelas lagi. Untuk diketahui, saat ini seiring dengan perkembangan teknologi, kamera-kamera yang ada biasanya sudah memiliki resolusi di atas 8 MP, bahkan kamera yang terdapat di handphone pun ada yang sudah memiliki resolusi sampai 16 MP. [Baca Juga : Ukuran Foto 5R dan Ukuran Foto 3R]

Cara Membuat Ukuran 4R di Photoshop

Meski sudah menggunakan kamera dengan resolusi yang sesuai, ketika hendak mencetak foto berukuran 4R kita juga harus melakukan edit ukuran foto pada aplikasi olah foto. Editing dilakukan minimal pada aspek panjang dan lebar foto agar sama dengan ukuran panjang dan lebar ukuran 4R yaitu 10,2 x 15,2 cm.

Bagi Anda yang tidak familiar dengan penggunaan aplikasi photoshop, berikut ini kami telah sajikan panduan bagaimana cara membuat ukuran foto 4R di photoshop secara sederhana.
  1. Buka aplikasi photoshop, boleh versi berapapun, baik CS2, CS3, CS4, atau CS5.
  2. Buat sebuah lembar kerja baru dengan cara klik File (terletak di bilah menu kiri atas) dan pilih New.
  3. Anda juga bisa menggunakan shortcut dengan cara menekan CTRL + N.
  4. Setelah itu, akan muncul jendela pengaturan halaman (bila di MS Word kita mengenalnya dengan istilah Page Setup.
  5. Isikan nilai pada kolom Height dan Weight agar sesuai dengan ukuran kertas foto 4R dalam cm, mm, inch, atau pixel, sesuai dengan satuan yang Anda pilih.
  6. Tekan OK dan sebuah lembar kerja berukuran 4R siap digunakan. Anda bisa langsung men-Drag foto ke area tersebut untuk selanjutnya disesuaikan panjang lebarnya dengan CTRL + T.

Template Ukuran 4R

Meski langkah-langkah di atas mungkin cukup sederhana, namun bagi Anda yang tidak mau ribet, kami juga telah buatkan sebuah template foto berukuran 4R dalam format .PSD. Anda bisa mengunduhnya dengan menuju tautan berikut.

Nah, demikian sedikit pemaparan yang bisa kami sampaikan tentang ukuran foto 4R dalam cm, mm, inch, dan pixel. Setelah data siap diprint, pastikan tinta printer Anda dapat bekerja dengan baik agar cetakan foto yang dihasilkan memiliki kualitas yang sesuai dengan yang Anda inginkan. Semoga bermanfaat!

Selain ukuran 4R, ketahui pula ukuran foto seri R lainnya secara lengkap dalam satuan cm, mm, inch, dan pixel dan tips seputar pencetakan foto di link ini : http://ukurankertasfoto.blogspot.com/2017/05/ukuran-foto-dalam-cm-pixel-cetak-photoshop.html.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Terkait : Ukuran Foto 4R dalam CM dan Pixel + Templatenya di Photoshop