Ukuran Kertas F4 dalam cm dan Pixel, Ukuran Kertas A4, A3, A2, A5, A1, A0, Kertas Folio, Kuarto, Ukuran Foto 4R, 10R, 5R, 2R di Word untuk Usaha Percetakan

Minggu, 14 Mei 2017

Ukuran KTP dalam CM dan Inch Berapa? Ini Jawabannya!

Ukuran KTP - Ada banyak orang yang belum tahu berapakah sebetulnya ukuran panjang dan lebar dari kartu KTP elektronik yang digunakannya sehari-hari. Sekalipun setiap hari mereka selalu membawanya karena tersimpan di dalam dompet, namun untuk mengukurnya, tentu dibutuhkan keluangan waktu dan adanya alat pengukur seperti penggaris atau semacamnya. Nah, oleh karena itu, daripada Anda repot-repot mengukur KTP Anda, berikut ini kami akan berikan informasi ukuran KTP dalam cm, mm, dan inch beserta cara membuat foto berukuran KTP pada aplikasi photoshop.

Ukuran KTP dalam cm

Ukuran KTP

KTP atau kartu tanda penduduk adalah kartu yang menjadi bukti identitas setiap warga negara Indonesia yang telah berusia di atas 17 tahun. Kartu KTP umumnya kerap dibawa karena merupakan salah satu syarat utama dalam berbagai pengurusan izin, pendaftaran, atau keperluan adminstratif lainnya. Tak heran bila kartu ini selalu diselipkan dalam dompet pemiliknya.

Ukuran KTP sendiri umumnya banyak dicari oleh para pengrajin dompet. Dengan mengetahui ukuran KTP, maka pengrajin dompet dapat menentukan ukuran selipan pada dompet yang dibuatnya sehingga muat atau pas untuk ukuran KTP. Selain itu, ukuran kartu KTP juga kadang kali ingin diketahui bila seseorang hendak mencetak sebuah foto tertentu (misalnya foto keluarga atau foto diri) yang diperuntukan sebagai kelengkapan identitas dompet. Karena foto tersebut kerap diselipkan pada bagian selipan KTP, maka wajar bila ukuran foto yang dicetak nantinya disamakan dengan ukuran KTP.

Nah, dari pada panjang lebar, perhatikan gambar KTP di atas. Pada gambar tersebut Anda dapat mengetahui berapa ukuran panjang x lebar KTP elektronik Anda dalam satuan cm. Dan agar lebih jelas, berikut ini kami juga telah tuliskan ukuran kartu tanda penduduk dalam mm, inch, dan pixel.

Ukuran KTP dalam cm adalah 5,4 x 8,6 cm.
Ukuran KTP dalam mm adalah 54 x 86 mm.
Ukuran KTP dalam inch adalah 2,12 x 3,38 inch.

Perbandingan Ukuran KTP dan ID Card Lainnya

Secara umum, kartu KTP memiliki ukuran yang sama dengan ukuran kartu identitas lainnya seperti SIM, BPJS, kartu ATM, atau kartu belanja, kartu kredit, dan lain sebagainya. Kesamaan ukuran tersebut disebabkan karena ukuran ID Card memang telah memiliki standar khusus sehingga setiap produsen atau pembuat kartu memiliki patokan ketika akan membuat kartu untuk anggotanya.

Membuat Foto Ukuran KTP di Photoshop

Ada kalanya kita ingin menyelipkan foto tertentu pada dompet kita, seperti foto pacar, foto keluarga, foto diri dan lain sebagainya. Foto foto tersebut kerap digunakan sebagai tanda kenangan atau tujuan-tujuan lainnya sehingga ketika kita membuka dompet, kita bisa melihat foto tersebut.

Ukuran KTP berapa cm

Agar foto dapat masuk dengan pas dalam selipan KTP di dompet, maka pastilah kita harus mencetak foto tersebut agar sama ukurannya dengan ukuran dompet. Lalu bagaimana caranya? Caranya tentu dengan mengedit ukuran foto menggunakan photoshop sebelum dicetak. Nah, bagi Anda yang masih awam dengan tools-tools dan perintah yang ada di photoshop, berikut ini telah kami sajikan caranya.
  1. Langkah pertama, buka aplikasi photoshop yang ada di komputer Anda.
  2. Jika sudah terbuka, buatlah sebuah lembar kerja baru dengan memilih File, kemudian New. Bila ingin cepat, gunakan shortcut dengan menekan CTRL + N.
  3. Pada jendela yang baru terbuka, aturlah pilihan Width dan Height agar sesuai dengan ukuran panjang dan lebar KTP asli Anda. Jika menggunakan satuan cm, masukan angka 8,6 pada kolom Width dan angka 5,4 pada kolom Height.
  4. Tekan OK dan sebuah lembar ukuran KTP siap digunakan. Anda tinggal men-drag foto yang hendak dicetak ke dalam lembar kerja tersebut.

Nah, demikianlah penjelasan sekilas yang dapat kami sampaikan tentang ukuran KTP elektronik dalam cm, mm, dan inch beserta langkah-langkah pengeditan photoshop untuk membuat foto ukuran KTP untuk dompet Anda. Semoga bermanfaat dan mohon share kalau sempat!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Terkait : Ukuran KTP dalam CM dan Inch Berapa? Ini Jawabannya!