Ukuran Kertas F4 dalam cm dan Pixel, Ukuran Kertas A4, A3, A2, A5, A1, A0, Kertas Folio, Kuarto, Ukuran Foto 4R, 10R, 5R, 2R di Word untuk Usaha Percetakan

Rabu, 10 Mei 2017

Ukuran Foto 5R dalam CM dan Pixel + Templatenya di Photoshop

Ukuran Foto 5R - Kadang kali, seseorang ingin memajang sebuah foto sebagai hiasan dinding di kamar atau di ruang tamunya. Namun, bagi mereka yang memiliki rumah dengan desain kamar atau ruang tamu kecil, pemilihan ukuran foto pajangan memang harus benar-benar diperhatikan. agar hiasan yang dipajang nantinya tidak membuat ruangan justru jadi terasa sempit. Dalam hal ini, banyak orang yang kemudian memilih ukuran foto 5R. Ukuran 5R dianggap cukup jelas dipandang tapi juga tidak terlalu besar dan membuat sumpek ruangan. Lantas tahukah Anda berapa panjang dan lebar ukuran foto 5R itu? Nah, berikut ini kami akan membahasnya lengkap dengan cara editing dan pengaturan dalam membuat foto ukuran 5R di aplikasi Photoshop!

Ukuran Foto 5R

Ukuran Foto 5R

Ukuran foto 5R sebetulnya adalah ukuran foto yang kecil bila digunakan sebagai pajangan. Ukuran ini lebih sering digunakan untuk foto-foto yang diletakan dalam album. Akan tetapi, untuk desain rumah minimalis, ukuran tersebut memang dirasa sangat pas, terlebih bila jumlah foto yang dipajang cukup banyak. Adapun terkait dengan ukuran foto 5R dalam cm, Anda bisa mengetahuinya dengan melihat ilustrasi gambar di atas. Namun, supaya lebih jelas, berikut ini kami juga telah tuliskan dengan konversi satuan-satuan yang lain.

  1. Ukuran foto 5R dalam cm adalah 12,7 x 17,8 cm.
  2. Ukuran foto 5R dalam mm adalah 127 x 178 mm.
  3. Ukuran foto 5R dalam inch adalah 5,0 x 7,0 inch.

Ukuran Foto 5R dalam Pixel

Untuk menghasilkan cetakan foto ukuran 5R yang berkualitas dan tidak pecah-pecah, maka setidaknya Anda harus memotret sebuah gambar yang akan dicetak dengan kamera beresolusi 1500 pixel x 2102 pixel atau setara 3.153.000 pixel atau setara 3,2 MP. Kamera dengan resolusi ini misalnya terdapat pada handphone Nokia N70 dan sejenisnya.

Bila Anda menggunakan foto yang diperoleh dari kamera dengan resolusi lebih kecil dari 3,2 MP, maka hasil cetakan foto tersebut akan pecah-pecah dan tidak jelas bila dicetak dengan ukuran 5R. Sementara bila menggunakan foto yang diperoleh dari kamera beresolusi lebih besar, misalnya 8 MP, maka hasilnya akan tetap bagus.

Dari pengalaman saya sebagai seorang operator percetakan, dulu banyak orang yang masih awam dalam hal ini. Tak sedikit dari mereka yang ingin mencetak foto berukuran 5R atau bahkan lebih, dengan hanya bermodalkan foto digital yang diperoleh dari kamera handphone China. Karena berdasar pada pengetahuan, saya selalu memberikan saran pada mereka sebelum memutuskan untuk jadi mencetak atau tidak. Namun, karena banyak yang menolak, ya terpaksa saya kerjakan dan hasilnya pun sungguh memprihatinkan. [Baca Juga : Ukuran Foto 4R dan Ukuran Foto 6R]

Cara Membuat Ukuran 5R di Photoshop

Meski sudah menggunakan kamera dengan resolusi yang sesuai, bukan berarti kita bisa mencetak foto tersebut langsung tanpa proses editing. Proses editing tetaplah harus dilakukan, minimal pada ukuran panjang dan lebar foto yang akan dicetak. Karena edit foto kebanyakan dilakukan menggunakan aplikasi Photoshop, berikut ini kami tuliskan bagaimana cara membuat ukuran 5R di Photoshop khusus bagi Anda yang masih awam.
  1. Buka aplikasi photoshop, boleh versi berapapun, baik CS2, CS3, CS4, atau CS5.
  2. Buat sebuah lembar kerja baru dengan cara klik File (terletak di bilah menu kiri atas) dan pilih New.
  3. Anda juga bisa menggunakan shortcut dengan cara menekan CTRL + N.
  4. Setelah itu, akan muncul jendela pengaturan halaman (bila di MS Word kita mengenalnya dengan istilah Page Setup.
  5. Isikan nilai pada kolom Height dan Width agar sesuai dengan ukuran kertas foto 4R dalam cm, mm, inch, atau pixel, sesuai dengan satuan yang Anda pilih. bila menggunakan satuan centimeter (cm), maka isi kolom Width dengan angka 12,7 dan kolom Height dengan angka 17,8.
  6. Tekan OK dan sebuah lembar kerja berukuran 5R siap digunakan. Anda bisa langsung men-Drag foto ke area tersebut untuk selanjutnya disesuaikan panjang lebarnya dengan CTRL + T.

Template Ukuran 5R

Meski langkah-langkah di atas mungkin cukup sederhana, namun bagi Anda yang tidak mau ribet, kami juga telah buatkan sebuah template foto berukuran 5R dalam format .PSD. Anda bisa mengunduhnya dengan menuju tautan berikut.

Nah, demikian sedikit pemaparan yang bisa kami sampaikan tentang ukuran foto 5R dalam cm, mm, inch, dan pixel. Setelah data siap diprint, pastikan tinta printer Anda dapat bekerja dengan baik agar cetakan foto yang dihasilkan memiliki kualitas yang sesuai dengan yang Anda inginkan. Semoga bermanfaat!

Selain ukuran 5R, ketahui pula ukuran foto seri R lainnya secara lengkap dalam satuan cm, mm, inch, dan pixel dan tips seputar pencetakan foto di link ini : Ukuran Foto.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Terkait : Ukuran Foto 5R dalam CM dan Pixel + Templatenya di Photoshop