Ukuran Kertas F4 dalam cm dan Pixel, Ukuran Kertas A4, A3, A2, A5, A1, A0, Kertas Folio, Kuarto, Ukuran Foto 4R, 10R, 5R, 2R di Word untuk Usaha Percetakan

Rabu, 10 Mei 2017

Ukuran Foto 6R dalam CM dan Pixel + Templatenya di Photoshop

Ukuran Foto 6R - Mungkin tak banyak di antara kita yang tahu bahwa ukuran foto memiliki suatu standar yang berlaku secara internasional. Biasanya, kita hanya mengenal ukuran foto 2x3, 3x4, atau 4x6 karena ketiganya sering digunakan untuk kelengkapan persyaratan biodata. Sementara bila ditanya berapa ukuran foto 6R, 10R, atau 12R dalam cm, mungkin kita akan geleng-geleng kepala. Nah, untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang standar ukuran foto dalam seri R tersebut, khususnya ukuran 6R lengkap dengan hal-hal praktis lainnya terkait dengan proses editing ukuran foto pada aplikasi photoshop.

Ukuran Foto 6R

Ukuran Foto 6R

Secara internasional, ukuran foto memang distandarkan dengan seri R, mulai dari yang terkecil 2R sampai yang terbesar yaitu 36R. Sistem standarisasi ini juga berlaku pada ukuran kertas (distandarkan dengan seri A, B, dan F) serta pada ukuran amplop (seri C).

Adapun untuk standarisasi ukuran foto, ukuran 6R merupakan ukuran yang biasa dipakai untuk foto yang digunakan sebagai pajangan dinding. Secara sederhana, ukuran foto 6R dalam cm dapat Anda lihat pada gambar di atas, sementara untuk lebih lengkapnya berikut ini kami juga telah tuliskan konversinya ke ukuran-ukuran yang lain.

  1. Ukuran foto 6R dalam cm adalah 15,2 x 20,3 cm.
  2. Ukuran foto 6R dalam mm adalah 152 x 203 mm.
  3. Ukuran foto 6R dalam inch adalah 6,0 x 8,0 inch.

Ukuran Foto 6R dalam Pixel

Untuk mencetak sebuah foto berukuran 6R dengan kualitas yang baik, dibutuhkan sebuah data foto dengan resolusi minimal 1795 pixel × 2551 pixel. Foto dengan resolusi ini hanya bisa dihasilkan oleh kamera yang memiliki resolusi sama, yaitu 4.579.450 pixel atau setara 4,6 MP.  Bila sebuah foto memiliki resolusi lebih kecil dari resolusi tersebut maka foto cetak yang dihasilkan nantinya akan berkualitas buruk. Selain gambarnya pecah-pecah, perpaduan warna pada gambar juga tidak akan stabil. [Baca Juga : Ukuran Foto 5R dan Ukuran Foto 8R]

Pengalaman saya sebagai seorang tukang cetak foto telah membuktikan hal ini. Beberapa kali saya menemui pelanggan yang minta dicetakan fotonya dengan ukuran 6R, akan tetapi setelah saya cek, ternyata foto digital yang diberikannya hanya diperoleh dari jepretan kamera handphone produksi China yang nota bene memiliki resolusi kecil. Saya kemudian menyarankan pada pelanggan tersebut untuk membuat foto baru dengan kamera yang lebih baik, atau memperkecil ukuran foto hendak dicetak, misalnya jadi 2R atau 3R. Namun, karena saran saya ditolak, akhirnya hasil cetakannya pun sangat tidak memuaskan. Ia pun kecewa sendiri atas keputusannya.

Cara Membuat Ukuran 6R di Photoshop

Jika Anda berencana untuk mencetak sebuah foto di percetakan, ada baiknya sebelum Anda memberikan data digital foto, terlebih dahulu lakukanlah pengeditan sederhana pada ukuran foto digital Anda. Pada banyak kasus, seorang operator cetak foto biasanya tidak akan secara serius mengatur ukuran foto yang akan dicetak sehingga perbandingan antara lebar dan tinggi foto asli dengan foto hasil cetakan menjadi tidak ideal.

Untuk membuat ukuran foto 6R pada photoshop sendiri terbilang cukup mudah. Namun, bagi orang yang awam tentu hal ini menjadi perkara yang harus dipelajari. Nah oleh karena itu, berikut ini kami telah memberikan panduan dan langkah langkah bagaimana membuat foto ukuran 6R di photoshop khusus untuk Anda yang mau mencoba.
  1. Buka aplikasi photoshop, boleh versi berapapun, baik CS2, CS3, CS4, atau CS5.
  2. Buat sebuah lembar kerja baru dengan cara klik File (terletak di bilah menu kiri atas) dan pilih New. Anda juga bisa menggunakan shortcut dengan cara menekan CTRL + N.
  3. Setelah itu, akan muncul jendela pengaturan halaman.Isikan nilai pada kolom Height dan Width agar sesuai dengan ukuran kertas foto 4R dalam cm, mm, inch, atau pixel, sesuai dengan satuan yang Anda pilih. 
  4. Bila menggunakan satuan centimeter (cm), maka isi kolom Width dengan angka 15,2 dan kolom Height dengan angka 20,3.
  5. Tekan OK dan sebuah lembar kerja berukuran 6R siap digunakan. Anda bisa langsung men-Drag foto ke area tersebut untuk selanjutnya disesuaikan panjang lebarnya dengan CTRL + T.

Template Ukuran 6R

Meski langkah-langkah di atas mungkin cukup sederhana, namun bagi Anda yang tidak mau ribet, kami juga telah buatkan sebuah template foto berukuran 6R dalam format .PSD. Anda bisa mengunduhnya dengan menuju tautan ini.

Nah, demikian sedikit pemaparan yang bisa kami sampaikan tentang ukuran foto 6R dalam cm, mm, inch, dan pixel. Setelah data siap diprint, pastikan tinta printer Anda dapat bekerja dengan baik agar cetakan foto yang dihasilkan memiliki kualitas yang sesuai dengan yang Anda inginkan. Semoga bermanfaat!

Selain ukuran 6R, ketahui pula ukuran foto seri R lainnya secara lengkap dalam satuan cm, mm, inch, dan pixel dan tips seputar pencetakan foto di link ini : Ukuran Foto.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Terkait : Ukuran Foto 6R dalam CM dan Pixel + Templatenya di Photoshop