Ukuran Kertas F4 dalam cm dan Pixel, Ukuran Kertas A4, A3, A2, A5, A1, A0, Kertas Folio, Kuarto, Ukuran Foto 4R, 10R, 5R, 2R di Word untuk Usaha Percetakan

Senin, 08 Mei 2017

Ukuran Kertas Folio dalam CM, MM, dan INCH + Contoh Templatenya

Ukuran Kertas Folio - Kertas Folio adalah salah satu jenis kertas standar ukuran umum (loose paper) yang cukup sering digunakan di Indonesia. Jenis kertas ini terkadang disebut juga dengan nama kertas F4 atau HVS panjang. Disebut demikian karena kertas ini memang memiliki panjang yang lebih besar dibandingkan kertas ukuran A4 dan kertas ukuran standar lainnya. Lantas, berapakah panjang dan ukuran kertas folio dalam cm, mm, dan inch? Untuk keperluan apa saja kertas folio (F4) digunakan? Bagaimana cara membuat dokumen dengan ukuran kertas folio pada aplikasi Microsoft Word? Ketahui jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini pada pembahasan artikel berikut!

Ukuran Kertas Folio

Ukuran Kertas Folio

Sebelum membahas tentang berapakah ukuran kertas folio dalam cm, mm, dan inch, terlebih dahulu harus dipahami bahwa kertas folio yang dimaksud di sini adalah kertas jenis HVS, bukan kertas folio bergaris yang biasanya terdiri dari 2 lembar kertas yang masih menyatu. Kertas folio yang dibahas disini adalah jenis kertas HVS putih yang digunakan untuk keperluan printing (percetakan) sebagaimana jenis kertas A4, Kuarto, Legal, Letter, dan lain sebagainya.

Adapun dari segi ukuran panjang dan lebarnya, kertas folio (F4) sebetulnya tidak memiliki perbedaan dengan kertas loose paper pada umumnya. Ukuran kertas folio tersebut dapat Anda lihat pada gambar ilustrasi di atas. Hanya saja, agar lebih lengkap berikut ini kami juga telah menuliskan ukuran kertas folio (F4) dalam satuan cm, mm, dan inch.

  1. Ukuran kertas folio dalam cm adalah 21,6 x 33,0 cm.
  2. Ukuran kertas folio dalam mm adalah 216 x 330 mm.
  3. Ukuran kertas folio dalam inch adalah 8,5 x 13,0 inch.

Merujuk pada ukuran kertas folio di atas, kita ketahui bahwa kertas folio memiliki lebar yang sama dengan kertas loose paper lainnya, yakni 21,6 cm atau sekitar 8,1 inch. Kertas loose paper atau kertas standar umum sendiri adalah jenis kertas dengan standarisasi pertama di dunia yang digunakan dalam peradaban masyarakat modern. Kertas loose paper meliputi 4 jenis kertas yang di antaranya kertas letter, legal, folio, dan kuarto.

Perbedaan kertas folio dengan kertas loose paper lainnya terletak pada ukuran panjangnya. Panjang kertas folio adalah 33,0 cm, sementara kertas ukuran kuarto (27,5 cm), kertas ukuran letter (27,9 cm), dan yang paling panjang adalah kertas (35,6 cm). Perbandingan panjang dari kertas-kertas ini telah kami ilustrasikan dalam bentuk gambar sebagaimana berikut.

Ukuran Kertas Folio dalam CM

Membuat Ukuran Kertas Folio di MS Word

Di Indonesia, kertas folio menjadi jenis kertas loose paper yang paling banyak digunakan, terutama oleh usaha fotocopy, surat menyurat, atau dunia pendidikan. Beberapa universitas negeri masih menggunakan kertas ini sebagai kertas standar resmi bagi tugas akhir dan skripsi mahasiswanya.

Bagi Anda yang kebetulan akan menggunakan kertas folio (F4) untuk keperluan pengetikan di Microsoft Word maka ada baiknya terlebih dahulu Anda mengetahui bagaimana cara mengatur ukuran kertas pada dokumen MS Word agar memiliki ukuran yang sama dengan kertas folio yang Anda gunakan. Pasalnya, opsi pemilihan jenis kertas ini biasanya tidak tersedia secara default pada aplikasi MS Word Standar. Berikut ini langkah-langkah pemilihan kertas folio tersebut untuk dapat Anda praktekan.
  1. Pertama, pada dokumen Word aktif, arahkan kursor menuju tab Page Layout yang letaknya berada di bilah atas jendela kerja Anda.
  2. Klik, dan akan muncul beberapa ikon. Pilihlah ikon Size dan pada menu dropdown yang muncul pilih More Paper Size.
  3. Sebuah jendela baru berjudul Page Setup akan muncul. Pada tab Paper, atur supaya menu dropdown memuat pilihan Costum Size.
  4. Kemudian, atur supaya height dan weightnya sesuai dengan ukuran kertas folio dalam cm, mm, atau inch tergantung pengaturan komputer Anda.
  5. Klik Ok dan sebuah halaman berukuran folio siap digunakan.
  6. Cara ini juga bisa diterapkan pada aplikasi Microsoft lainnya, baik itu MS. Excel atau Powerpoint.

Nah, demikianlah penjelasan singkat tentang ukuran kertas folio dalam cm, mm, dan inch beserta perbandingannya dengan ukuran kertas loose paper lainnya. Sesuai perbedaan panjangnya, jika membutuhkan kertas ukuran ini tapi persediaannya tidak ada, maka gunakanlah kertas ukuran Legal dengan memotongnya terlebih dahulu sesuai dengan selisih panjangnya. Semoga bermanfaat!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Terkait : Ukuran Kertas Folio dalam CM, MM, dan INCH + Contoh Templatenya