Ukuran Kertas F4 dalam cm dan Pixel, Ukuran Kertas A4, A3, A2, A5, A1, A0, Kertas Folio, Kuarto, Ukuran Foto 4R, 10R, 5R, 2R di Word untuk Usaha Percetakan

Minggu, 07 Mei 2017

Ukuran Kertas Kuarto dalam CM, MM, dan Inch + Contoh Templatenya

Ukuran Kertas Kuarto - Ada banyak orang yang menganggap bahwa kertas kuarto atau quarto adalah sebutan lain untuk kertas ukuran A4. Padahal anggapan tersebut sebetulnya merupakan sebuah kesalahan yang fatal, karena melihat dari ukurannya saja antara ukuran kertas kuarto dan ukuran kertas A4 terdapat perbedaan yang cukup mencolok. Lantas, bagaimanakah perbedaan dari kedua ukuran kertas ini? Berapa besar ukuran kertas kuarto dalam cm, mm, dan inch dibandingkan dengan ukuran kertas A4? Bagaimana cara mengatur dokumen di MS Word agar sesuai dengan lebar kertas kuarto? Untuk tahu jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini, silakan simak pembahasan berikut!

Ukuran Kertas Kuarto

Ukuran Kertas Kuarto

Kertas kuarto adalah jenis kertas yang menjadi standar surat menyurat resmi untuk Kerajaan Inggris dan negara persemakmurannya. Di Indonesia sendiri, kertas dengan ukuran ini jarang digunakan. Sekalipun ada pabrik kertas yang memproduksinya, seperti Sinar Dunia, Bola Dunia, Paperto, Mirage, Blueprint, atau Gold Paper, namun karena di Indonesia yang menjadi standar surat menyurat dan dokumen resmi adalah kertas seri A, maka wajar bila kertas kuarto menjadi tidak banyak dikonsumsi.

Ukuran kertas kuarto sendiri dapat Anda lihat pada gambar ilustrasi di atas. Namun, agar lebih lengkap berikut ini kami telah menyajikan penjelasan rinci tentang ukuran kertas kuarto dalam cm, mm, dan inch.

  1. Ukuran kertas kuarto dalam cm adalah 21,6 x 27,5 cm.
  2. Ukuran kertas kuarto dalam mm adalah 216 x 275  mm.
  3. Ukuran kertas kuarto dalam inch adalah 8,5 x 10,8 inch.

Perbandingan Ukuran Kertas Kuarto dan A4

Melihat ukuran kertas kuarto di atas, kita tentu menyadari bahwa kertas ini memiliki ukuran yang hampir mirip dengan kertas A4. Oleh karena hal itu, wajar bila banyak orang yang menganggap bahwa kertas kuarto sama dengan kertas A4.

Ukuran kertas kuarto adalah 21,6 x 27,5 cm, sementara ukuran kertas A4 adalah 21 x 29,7 cm. Itu berarti, jika dilihat sekilas kertas kuarto memiliki lebar yang lebih besar tapi memiliki panjang yang lebih pendek dibandingkan kertas A4. Perbandingan antara ukuran kertas kuarto dan A4 bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini.

Ukuran Kertas Kuarto dalam CM

Membuat Ukuran Kertas Kuarto di MS Word

Untuk membuat sebuah dokumen di Word dengan ukuran kertas kuarto, kita perlu melakukan beberapa pengaturan manual pada menu Page Layout. Hal ini karena opsi kertas kuarto tidak tersedia pada aplikasi printing MS Word standar seperti halnya ukuran kertas A4, A5, Letter, atau Legal.

Langkah-langkah pengaturannya cukup mudah. Pertama, pada dokumen MS Word aktif, klik tab Page Layout pada menu bar yang tersedia di bagian atas. Kemudian, klik pada bagian Size dan pilih More Paper Size. Akan muncul sebuah jendela baru dengan judul Page Setup.

Pada bagian Paper Size, arahkan menu dropdown agar memilih Costum Size yang terletak di bagian paling bawah. Lalu, sesuaikan ukuran weight dan height agar sama dengan ukuran kertas kuarto dalam cm, mm, atau inch tergantung pada pengaturan di komputer Anda. selesai, dokumen dengan kertas ukuran kuarto siap digunakan.

Nah, demikianlah penjelasan tentang ukuran kertas kuarto dalam cm, mm, dan inch beserta tata cara untuk membuat sebuah dokumen dengan kertas ukuran kuarto di Microsoft Word. Jadi sekarang Anda sudah tahukan perbedaan ukuran antara kertas kuarto dan A4. Perbedaan cukup tipis, sehingga memungkinkan Anda untuk mengganti satu sama lain dalam keadaan kepepet. Semoga bermanfaat!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Terkait : Ukuran Kertas Kuarto dalam CM, MM, dan Inch + Contoh Templatenya