Ukuran Kertas F4 dalam cm dan Pixel, Ukuran Kertas A4, A3, A2, A5, A1, A0, Kertas Folio, Kuarto, Ukuran Foto 4R, 10R, 5R, 2R di Word untuk Usaha Percetakan

Rabu, 03 Mei 2017

Ukuran Kertas A2 dalam CM, MM, dan INCH + Contoh Templatenya

Ukuran Kertas A2 - Selama ini, mungkin Anda hanya mengenal dan familiar dengan kertas ukuran A3 atau A4, tak heran kedua jenis kertas tersebut memang adalah yang paling sering digunakan untuk keperluan percetakan pribadi. Namun tahukah Anda bila ternyata ada pula jenis kertas yang berukuran A2. Kertas A2 diketahui memiliki ukuran yang jauh lebih besar dibandingkan kertas A3 atau A4. Lantas, berapakah ukuran kertas A2 itu? Apa saja kegunaan praktisnya dalam dunia percetakan dan penerbitan profesional? Berapakah panjang dan lebar ukuran kertas A2 dalam cm, mm, dan inch? Berikut ini kita akan membahas semua pertanyaan yang terkait kertas ukuran tersebut lengkap dengan contoh templatenya.

Ukuran Kertas A2

Ukuran Kertas A2 dalam CM, MM, dan INCH

Secara sederhana, ukuran kertas A2 dapat Anda lihat pada gambar ilustrasi di atas. Dari gambar tersebut, dapat diketahui bahwa kertas ukuran A2 memiliki panjang sekitar 42 cm dan panjang hampir 60 cm. Lebih lengkapnya, berikut ini rincian ukuran tersebut dalam satuan cm, mm, dan inch.

  1. Ukuran kertas A2 dalam cm adalah 59,4 x 84,1 cm.
  2. Ukuran kertas A2 dalam mm adalah 594 x 841 mm.
  3. Ukuran kertas A2 dalam inch adalah 23,39 x 33,11 inch.

Dari penjelasan di atas, kita ketahui bahwa kertas ukuran A2 memiliki luas setengah kali dari kertas ukuran A3 yang hanya 29,7 x 42 cm. Artinya, bila kertas A2 dipotong sama panjang, maka kita akan memiliki 2 lembar kertas ukuran A3. Begitupun sebaliknya, kertas A1 juga memiliki luas 2 kali lipat dari luas kertas A2, hal ini mengingat bahwa pembagian luas kertas seri A didasarkan pada kelipatan rasio aspek tunggal

Penggunaan Kertas Ukuran A2

Kertas ukuran A2 memang jarang digunakan dalam percetakan pribadi. Namun, dalam dunia industri penerbitan atau percetakan buku, jenis kertas inilah yang paling banyak dipakai. Kendati demikian, jenis printer yang digunakan untuk mencetak data digital ke sebuah kertas ukuran A2 sangatlah berbeda, lebih besar dan lebih kuat dibandingkan jenis printer yang dijual di toko-toko komputer.

Printing kertas A2 pada usaha penerbitan buku dimaksudkan agar jumlah lebar yang tercetak bisa semakin banyak. Cetakan pada kertas A2 yang terbagi ke dalam beberapa halaman kemudian dipotong menggunakan mesin khusus disesuaikan dengan ukuran buku yang dikehendaki. Sebagai gambaran, berikut adalah perbandingan antara kertas A2 dengan ukuran kertas seri A lainnya.
Ukuran Kertas A2 dalam CM Melihat perbandingan gambar ukuran kertas A2 dengan ukuran kertas seri A lainnya, sekarang kita tahu bahwa jika dipotong rapi, kertas A2 ternyata dapat menghasilkan kertas ukuran A3, A4, A5, A6, A7, A8, A9, dan A10 dengan jumlah masing-masing sebanyak 1 lembar.

Cara Membuat Ukuran Kertas A2 di MS Word

Kertas ukuran A2 memang tidak pernah digunakan untuk keperluan pribadi, oleh karena itu opsi kertas ini umumnya tidak tersedia dalam pilihan cetak Microsoft, baik itu MS Word, Excel, maupun Powerpoint. Bagi Anda yang kebetulan hendak mencetak suatu lembar data digital dengan kertas ini, maka Anda harus lebih dulu mengatur pemilihan kertas secara manual pada aplikasi yang dijalankan. Berikut ini langkah-langkahnya:

Pada jendela MS Word aktif yang hendak diprint, silakah pilih tab Page Layout, pilih Size, lalu tekan More Paper Size. Di tab Paper yang muncul, pilih Costum Size di bagian Paper Size, lalu sesuaikan Height dan Width kertas agar sama dengan ukuran kertas A2, yakni 59,4 x 84,1 cm. Bila satuan defaultnya bukan dalam cm, Anda bisa menyesuaikannya dengan ukuran kertas A2 dalam mm atau inch seperti yang telah kami sampaikan di atas. Terakhir, tekan OK dan lembar kertas A2 siap diprint.

Langkah-langkah pengaturan kertas ukuran A2 di atas juga dapat diterapkan pada aplikasi lainnya, baik itu MS Powerpoint maupun Excel, tentunya dengan menyesuaikan versi MS Office yang terinstal di perangkat komputer Anda.

Contoh Template Ukuran Kertas A2

Bila Anda mengalami kesulitan untuk melakukan langkah dan cara membuat ukuran kertas A2 yang telah kami jelaskan di atas, Anda bisa menggunakan template yang telah kami buat dan bisa langsung digunakan dengan mengunduhnya di link ini.

Nah, itulah pemaparan sekilas kami tentang panjang dan lebar ukuran kertas A2 dalam cm, mm, atau inch beserta hal-hal praktis lain yang terkait dengan penggunaan kertas ukuran A2 ini. Semoga bermanfaat dan salam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Terkait : Ukuran Kertas A2 dalam CM, MM, dan INCH + Contoh Templatenya