Ukuran Kertas F4 dalam cm dan Pixel, Ukuran Kertas A4, A3, A2, A5, A1, A0, Kertas Folio, Kuarto, Ukuran Foto 4R, 10R, 5R, 2R di Word untuk Usaha Percetakan

Rabu, 03 Mei 2017

Ukuran Kertas A0 dalam CM, MM, dan INCH + Contoh Templatenya

Ukuran kertas A0 adalah ukuran kertas terbesar yang ada dalam jenis-jenis kertas seri A. Saking besarnya, kertas dengan ukuran ini jarang sekali ditemukan di pasaran. Sejalan dengan itu, penggunaannya pun sangat terbatas, misalnya hanya sebagai kertas papan tulis atau untuk bahan baku industri. Anda tentu akan bertanya : memang, seberapa besar sih panjang dan lebar kertas ukuran A0 itu? Nah, di artikel kali ini kita akan membahasnya mulai dari ukuran kertas A0 dalam  satuan cm, mm, inch, dan pixel, penggunaan, sampai dengan cara membuatnya di Microsoft Word dan Excel. Silakan disimak!

Ukuran Kertas A0

Ukuran Kertas A0 dalam cm

Secara sederhana, ilustrasi ukuran kertas A0 dalam cm dan inch telah kami sajikan pada gambar di atas. Namun, untuk lebih jelasnya terkait panjang dan lebar kertas ukuran A0 ini silakan simak quote berikut:

  1. Ukuran kertas A0 dalam cm adalah 84,1 x 118,9 cm.
  2. Ukuran kertas A0 dalam mm adalah 841 x 1189 mm.
  3. Ukuran kertas A0 dalam inch adalah 33,11 x 46,81 inch.

Penggunaan Kertas Ukuran A0

Sesuai dengan ukuran panjang dan lebarnya, kertas A0 sangat jarang digunakan untuk keperluan konsumsi langsung. Ia lebih digunakan sebagai bahan baku pembuatan kertas HVS seri A melalui pemotongan dengan mesin-mesin pemotong khusus. Penggunaan untuk konsumsi langsung hanya terbatas pada kertas presentasi manual yang biasa dilekatkan pada papan tulis.

Sebagai gambaran, berikut ini ukuran kertas A0 dibandingkan kertas ukuran lainnya yang termasuk ke dalam seri A.
Ukuran Kertas A0 dalam CM, MM, dan INCH Melihat perbandingan gambar ukuran kertas A0 dengan ukuran kertas seri A lainnya, sekarang kita tahu bahwa jika dipotong rapi, kertas A0 ternyata dapat menghasilkan kertas ukuran A1, A2, A3, A4, A5, A6, A7, A8, A9, dan A10 dengan jumlah masing-masing sebanyak 1 lembar.

Cara Membuat Ukuran Kertas A0 di MS Word

Opsi kertas ukuran A0 tidak tersedia dalam pilihan jenis kertas (paper) di aplikasi Microsoft Word, baik itu Word 2003, 2007, 2010, maupun yang terbaru yaitu 2013. Oleh karena itu, bila Anda hendak melakukan printing menggunakan kertas ukuran A0, maka Anda harus mengaturnya secara manual.

Langkah-langkah membuat ukuran kertas A0 di MS Word sendiri terbilang sangat simple. Pertama, arahkan kursor menuju tab Page Layout, kemudian pilih Size, dan tekan More Paper Size.

Dengan melakukan langkah tersebut, maka tab Page Setup akan muncul. Selanjutnya, pada bagian Paper Size pilih Costum Size dan sesuaikan Width dan Height kertas sesuai dengan ukuran kertas A0 yang telah Anda ketahui. Isikan ukuran kertas A0 dalam cm, mm, atau inch tergantung pada pengaturan MS Word Anda. Terakhir, tekan OK dan selesai.

Untuk diketahui, Anda juga dapat menerapkan cara ini pada aplikasi Microsoft lainnya, seperti MS Excel atau MS Powerpoint. Tinggal sesuaikan tab-tabnya persis seperti panduan di atas.

Contoh Template Ukuran Kertas A0

Jikapun Anda sulit mempraktikan langkah dan cara membuat ukuran kertas A0 di MS Word yang telah kami jelaskan di atas, maka janganlah patah arang. Kami telah membuat contoh template kertas A0 di Word yang langsung dapat Anda gunakan. Silakan unduh di link ini.

Nah, demikianlah sedikit pemaparan kami tentang sejarah dan ukuran kertas A0 dalam cm, mm, atau inch lengkap dengan hal-hal praktis lain yang terkait dengan penggunaan kertas ukuran A0 ini. Semoga bermanfaat dan jangan lewatkan artikel menarik kami lainnya di pembahasan terkait. Salam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Terkait : Ukuran Kertas A0 dalam CM, MM, dan INCH + Contoh Templatenya