Ukuran Kertas F4 dalam cm dan Pixel, Ukuran Kertas A4, A3, A2, A5, A1, A0, Kertas Folio, Kuarto, Ukuran Foto 4R, 10R, 5R, 2R di Word untuk Usaha Percetakan

Sabtu, 06 Mei 2017

Ukuran Kertas A5 dalam CM, MM, dan INCH + Contoh Templatenya

Ukuran Kertas A5 - Selama ini, Anda mungkin lebih familiar dengan kertas berukuran A4. Namun, tahukah Anda bila ternyata ada beberapa jenis kertas lainnya yang ukurannya lebih kecil dari kertas A4? Ya, memang ada banyak kertas yang demikian, dimana salah satunya adalah kertas ukuran A5. Lantas, berapa sebenarnya ukuran kertas A5 dalam cm, mm, atau inch? Untuk kegunaan apa saja kertas A5 dipakai? Bagaimana cara mengatur sebuah dokumen di MS Word ketika kita hendak melakukan printing pada kertas ukuran A5? Ketahui jawaban dari kedua pertanyan ini dengan membaca artikel berikut!

Ukuran Kertas A5

Ukuran Kertas A5 dalam CM

Anda bisa mengetahui panjang dan lebar ukuran kertas A5 dengan melihat gambar ilustrasi yang telah kami sajikan di atas. Dari gambar tersebut, kita ketahui bahwa ukuran kertas ini ternyata adalah setengah kali dari ukuran kertas A4. Jika ukuran kertas A4 adalah 21,0 x 29,7 cm, kertas A5 justru hanya memiliki ukuran 14,8 x 21,0 cm. Selengkapnya tentang ukuran kertas A5 dalam cm, mm, dan inch, Anda bisa melihat daftar dalam quote berikut:

  1. Ukuran kertas A5 dalam cm adalah 14,8 x 21,0 cm.
  2. Ukuran kertas A5 dalam mm adalah 148 x 210 mm.
  3. Ukuran kertas A5 dalam inch adalah 5,83 x 8,27 inch.

Kertas Seri A adalah jenis kertas yang telah dijadikan standar dan berlaku secara internasional bagi berbagai keperluan, baik itu sebagai keperluan dokumen percetakan, alat tulis, kartu, amplop, maupun kebutuhan penerbitan. Kertas seri A sendiri memiliki 11 jenis, mulai dari yang terbesar A0 sampai dengan yang terkecil yaitu A10. Dalam varian jenis kertas seri A tersebut, luas kertas A5 menempati urutan keenam terkecil. Kertas ini memiliki luas 1/2 kali luas kertas A4, 1/4 kali luas kertas A3, 1/8 kali luas kertas A2, dan seterusnya.

Pembagian luas kertas seri A memang didasarkan pada kelipatan rasio aspek tunggal, oleh karena itu kita bisa dengan mudah mengenali ukuran-ukuran kertas tersebut dan menggunakannya dalam pengoperasiannya. Berikut ini adalah perbandingan dari luas ukuran kertas A5 dan kertas-kertas seri A lainnya.
Ukuran Kertas A5 dalam CM

Kegunaan Kertas Ukuran A5

Sekalipun berukuran kecil, kertas A5 ternyata cukup banyak digunakan dalam dunia percetakan. Kertas-kertas berukuran A5 digunakan untuk berbagai keperluan seperti untuk pembuatan brosur, pamflet, atau kartu undangan. Kendati banyak digunakan, namun kertas A5 kadang kali tidak selalu dijajakan di toko perlengkapan sekolah. Oleh karena itu, biasanya pada pemilik percetakan akan menggunakan kertas A4 dan memotongnya menjadi 2 bagian sama panjang untuk menghasilkan 2 lebar kertas A5.

Kadang kali kertas ukuran A5 juga digunakan sebagai kertas cetak novel atau buku-buku kecil. Penggunaan kertas ukuran ini dinilai sangat efektif karena proses printing menjadi lebih cepat dan tidak memakan waktu lama.

Cara Membuat Kertas A5 di MS Word

Untuk membuat sebuah dokumen dengan ukuran kertas A5 di Microsoft Word, kita bisa dengan mudah melakukan setting pada Paper Size karena adanya opsi pilihan kertas ini tersedia pada program tersebut. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: Pertama, pada lembar kerja Anda, arahkan kursor menuju tab Page Layout. Tekan Paper Size, pilih size A5 dan kertas ukuran A5 siap digunakan. Langkah-langkah tersebut juga dapat dilakukan pada aplikasi Microsoft Exel dan Microsoft Powerpoint, baik versi 2003, 2007, 2010, maupun 2014.

Nah, demikianlah penjelasan tentang panjang lebar dan ukuran kertas A5 dalam cm, mm, dan inch. Silakan sesuaikan satuan yang dipilih dengan format pengaturan dokumen di Microsoft Word komputer Anda.Sekian semoga bermanfaat!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Terkait : Ukuran Kertas A5 dalam CM, MM, dan INCH + Contoh Templatenya