Ukuran Kertas F4 dalam cm dan Pixel, Ukuran Kertas A4, A3, A2, A5, A1, A0, Kertas Folio, Kuarto, Ukuran Foto 4R, 10R, 5R, 2R di Word untuk Usaha Percetakan

Jumat, 05 Mei 2017

Ukuran Kertas A3 dalam CM, MM, dan INCH + Contoh Templatenya

Ukuran Kertas A3 - Bagi Anda yang masih kuliah atau sekolah mungkin selama ini hanya mengenal kertas HVS dengan ukuran A4. Kertas ukuran tersebut memang merupakan kertas yang paling sering digunakan untuk aktivitas printing tugas sekolah atau tugas kuliah. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata ada jenis kertas HVS yang ukurannya A3? Seperti apa ya panjang dan lebar ukuran kertas A3 dalam cm, mm, atau inch dibandingkan ukuran kertas A4? Untuk kegunaan apa kertas A3 selama ini dipakai? Bagaimana cara mengatur ukuran kertas (paper size) agar berukuran A3 pada program MS Word, Excel, atau Powerpoint? Agar bisa menjawab semua pertanyaan ini, silakan simak pembahasan berikut!

Ukuran Kertas A3 dalam CM

Ukuran Kertas A3 dalam cm

Secara sederhana, Anda dapat mengetahui ukuran kertas A3 dalam cm dan inch pada gambar ilustrasi yang kami sajikan di atas. Namun, untuk lebih jelasnya berikut ini kami telah menuliskan ukuran tersebut dalam satuan yang lebih lengkap agar Anda dapat dengan mudah menggunakannya untuk keperluan setting manual paper size sebelum nge-print.

  1. Ukuran kertas A3 dalam cm adalah 29,7 x 42,0 cm.
  2. Ukuran kertas A3 dalam mm adalah 297 x 420 mm.
  3. Ukuran kertas A3 dalam inch adalah 11,69 x 16,54 inch.

Jika melihat ukuran panjang dan lebar kertas A3, kita akan menyadari bahwa kertas ini memiliki luas 2 kali lipat dari kertas A4. Artinya, bila Anda memiliki selembar kertas A3, Anda bisa membuatnya menjadi 2 lembar kertas A4 dengan cara memotongnya tepat sama panjang. Hal yang sama juga berlaku bila Anda memiliki selembar kertas A2, Anda bisa membuat kertas tersebut menjadi 2 lembar kertas A2 atau 4 lembar kertas A3 sesuai kebutuhan. Jangan heran! Pembagian luas kertas seri A memang didasarkan pada kelipatan rasio aspek tunggal sehingga memudahkan bagi kita, para pengguna kertas.

Lebih lengkap tentang perbandingan ukuran kertas A3 dan seri kertas A lainnya, Anda bisa melihat pada gambar yang telah kami sajikan berikut ini!
Ukuran Kertas A3

Penggunaan Kertas Ukuran A3

Ukuran kertas A3 dalam cm, mm, dan inch memang terbilang cukup besar. Oleh karena itu, wajar jika kertas jenis ini cenderung hanya digunakan oleh orang-orang tertentu. Para web desainer, notaris, desain grafis, atau arsitek adalah beberapa golongan orang yang akrab dengan jenis kertas ini.

Karena ukurannya yang besar, kertas A3 akan membutuhkan printer ukuran khusus saat akan digunakan untuk mengeprint data digital. Berbagai merk printer yang menyediakan printer khusus untuk ukuran ini di antaranya Epson, Canon, dan Toshiba. Bila pekerjaan Anda menuntut Anda untuk menggunakan kertas ukuran ini, tak ada salahnya untuk membeli printer khusus tersebut. Karena, selain dapat dipakai untuk print kertas ukuran A3, ia juga dapat digunakan untuk printing kertas seri A lainnya yang berukuran lebih kecil, seperti A4, A5, A6, dan seterusnya.

Cara Membuat Ukuran Kertas A3 di MS Word

Untuk melakukan setting pemilihan paper size A3 saat hendak mencetak sebuah dokumen di MS Word, Anda tidak perlu memasukan costum size pada pilihan yang tersedia. Hal ini karena MS Word telah menyediakan opsi ukuran kertas A3 pada programnya, baik untuk versi 2003, 2007, maupun 2010.

Langkah langkah pemilihan ukuran kertas A3 di word cukup mudah. Pada lembar kerja Anda silakan pilih tab Page Layout, pilih Size, dan pilih A3 (Scaled). Dokumen Anda pun sudah berada dalam lembaran berukuran 29,7 x 42,0 cm. Cukup mudah bukan? Langkah pengaturan kertas ukuran A3 di atas juga dapat dipakai pada aplikasi MS Powerpoint maupun Excel, tentunya dengan menyesuaikan versi MS Office yang terinstal di perangkat komputer Anda.

Contoh Template Ukuran Kertas A3

Bila mengalami kesulitan untuk melakukan langkah pemilihan kertas ukuran A3 pada MS Word yang telah kami jelaskan, supaya lebih mudah, Anda dapat mengunduh template yang telah kami buat di link ini.

Nah, itulah pemaparan sekilas kami tentang panjang dan lebar ukuran kertas A3 dalam cm, mm, atau inch beserta hal-hal praktis lain yang terkait dengan penggunaan kertas ukuran A3 ini. Semoga bermanfaat dan salam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Terkait : Ukuran Kertas A3 dalam CM, MM, dan INCH + Contoh Templatenya