Ukuran Kertas F4 dalam cm dan Pixel, Ukuran Kertas A4, A3, A2, A5, A1, A0, Kertas Folio, Kuarto, Ukuran Foto 4R, 10R, 5R, 2R di Word untuk Usaha Percetakan

Jumat, 05 Mei 2017

Ukuran Kertas A3 Plus dalam CM, MM, dan INCH + Contoh Templatenya

Ukuran Kertas A3 Plus - Dalam dunia percetakan, selain dikenal jenis kertas ukuran A3, juga terdapat varian jenis kertas berukuran A3 Plus. Sesuai namanya, ukuran A3+ memiliki panjang dan lebar yang lebih besar dibandingkan ukuran kertas A3 biasa. Lantas, berapakah sebetulnya panjang dan lebar ukuran kertas A3 plus itu? Untuk kegunaan apa saja jenis kertas ini dipakai? Bagaimana cara membedakan kertas A3 dan A3 plus dari segi ukuran dan kenampakan fisiknya? Bagaimana cara mengatur Paper Size ukuran kertas A3+ di Microsoft Word, Excel, dan Powerpoint? Untuk bisa menjawab semua pertanyaan ini, silakan simak pembahasan singkat berikut ini!

Ukuran Kertas A3 Plus

Ukuran Kertas A3 Plus dalam cm

Seperti telah dijelaskan di atas, bahwa ukuran kertas A3 plus memang lebih besar dibandingkan ukuran kertas A3 biasa. Bila kertas A3 biasa hanya memiliki luas 29,7 x 42 cm, maka kertas ukuran A3+ memiliki luas 32,9 x 48,3 cm. Ukuran ini dapat dikonversi ke dalam bentuk mm atau inch sebagaimana disajikan pada quote berikut:

  1. Ukuran kertas A3 Plus dalam cm adalah 32,9 x 48,3 cm.
  2. Ukuran kertas A3 Plus dalam mm adalah 329 x 483 mm.
  3. Ukuran kertas A3 Plus dalam inch adalah 12,95 x 19,02 inch.

Penggunaan Kertas Ukuran A3+

Keberadaan varian kertas ukuran A3+ sebetulnya tidak bisa dilepaskan dari hiruk pikuk perkembangan dunia digital printing. Hadirnya berbagai jenis printer laser skala bisnis dari berbagai merk, seperti Xerox Igen, HP Indigo, Konica Bizhub, ataupun Develop Ineo menuntut adanya jenis kertas lain yang ukurannya lebih besar dari A3 dan lebih kecil dari A2. Ukuran kertas yang kemudian dipilih adalah 32,9 x 48,3 cm dan selanjutnya diberi nama A3+.

Kertas ukuran A3+ sendiri lebih sering digunakan untuk keperluan profesional. Para pekerja industri grafika seperti para desain grafis, arsitek, atau desainer produk adalah beberapa kalangan yang akrab dengan jenis kertas ini. Selain itu, perkembangan kertas A3+ hingga kini juga terus mengalami peningkatan, mulai dari penggunaannya yang tidak terbatas, maupun dari jenis kertas yang dihadirkan, seperti kertas HVS, karton, karton BW, stiker cromo, atau art paper.

Cara Membedakan Kertas A3 dan A3 Plus

Satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk membedakan kertas A3 dan A3+ tentu adalah dari ukurannya. Ukuran kertas A3+ lebih panjang dan lebar dibandingkan dengan ukuran kertas A3. Secara sederhana, perbandingan ukuran kedua kertas tersebut dapat diilustrasikan seperti pada gambar berikut!

Ukuran Kertas A3 Plus dalam CM

Mengatur Paper Size A3+ di MS Word

Pada aplikasi Microsoft Word kita dapat menemukan opsi Paper Size dengan ukuran A3+, oleh karena itu kita tak perlu melakukan Costume Size pada pilihan ukuran kertas yang hendak digunakan. Cukup lakukan langkah-langkah sederhana berikut bila Anda hendak membuat sebuah dokumen dengan kertas ukuran A3 plus.

Langkah pertama, buka aplikasi Microsoft Word, kemudian pilih tab Page Layout, pilih Size, dan dalam menu scroll yang muncul Anda akan menemukan pilihan A3+ (Scaled) dengan penjelasan ukuran panjang dan lebarnya. Pilih ukuran tersebut dan dokumen dengan kertas berukuran A3+ pun siap digunakan.

Cara di atas bisa diterapkan bukan hanya pada aplikasi Microsoft Word, melainkan juga pada MS Excel maupun Powerpoint. Nah, bila kebetulan Anda tidak ingin ribet, silakan unduh template kertas ukuran A3 plus yang telah kami buat dan upload di link ini.

Demikian pembahasan singkat yang dapat kami berikan terkait ukuran kertas A3 plus dalam cm, mm, atau inch beserta kegunaan dan cara membuat kertas ukuran ini di aplikasi Microsoft. Semoga bermanfaat dan dapat membantu pekerjaan Anda. Salam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Terkait : Ukuran Kertas A3 Plus dalam CM, MM, dan INCH + Contoh Templatenya